Skip to main content

Hal Yang Menarik Dari Pantai Parangtritis



Hal Yang Menarik Dari Pantai Parangtritis

Pantai yang satu ini tepatnya terletak di Desa Parangtritis, kec. Kretek, Kab. Bantul. Jarak dari kota Yogyakarta kira-kira 27 km. Akses untuk bisa sampai ke Parangtritis bis Anda tempuh melalui dua jalur. Jalur pertama adalah Yogyakarta – Jl. Parangtritis – Kretek – pantai. Adapun jalur yang kedua Yogyakarta – Imogiri – pantai. Tetapi kalau jalur yang



kedua ini lebih jauh dari jalur yang petama, maka dari itu agar lebih efisien Anda bisa memilih jalur yang pertama.

Namun kalau Anda menginginkan pemandangan panorama alam yang lebih menarik disepanjang perjalanan Anda bisa memilih jalur yang kedua. Di sepanjang jalan yang Anda lewati ketika memilih jalur ke dua Anda akan melewati area persawahan yang membentang hijau, sungai yang berkelok-kelok dikelilingi dengan perbukitan. Selain itu Anda juga bisa sekalian mengunjungi makam-makam para raja Mataram yang terletak di Imogiri. 

Baca juga :

Menariknya Perayaan Sekaten Di Yogyakarta
Inilah Alasan kenapa Gudeg Yogyakarta Sangat Terkenal

Hal Menarik Dari Pantai Ini

Ada beberapa hal menarik dari pantai yang satu ini. Selain menyuguhkan pemandangan yang terbilang eksotis, pantai yang satu ini juga memiliki hal menarik lainnya yang harus Anda ketahui. Beberapa hal menarik dari pantai yang satu ini adalah:

1.  Parangwedang


Parangwedang merupakan sebuah pemandian yang konon katanya airnya memiliki khasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dikarenakan air ini mengandung berelang maka sangat cocok untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. 

2.  Parangkusumo


Parangkusumo merupakan pantai yang terletak di area pantai Parangtritis. Mitos yang berkembang di masyarakat sekitar kalau pantau Parangkusumo merupakan tempat pertemuan raja Yogyakarta dengan Nyi Roro Kidul. Pertemuan tersebut biasanya dilakukan pada bulan Sura. Maka dari itu di bulan Sura selalu diadakan persembahan berupa sesajen yang ditujukan untuk Ratu Pantai Selatan. 

3.  Folklor 


Kepercayaan yang berkembang di masyarakat sekitar ketika Anda berkunjung di pantai yang satu ini maka Anda tidak boleh memakai pakaian yang berwarna hijau muda. 

Fasilitas 

Fasilitas yang ditawarkan ketika Anda mengunjungi pantai yang satu ini adalah sebagai berikut :

1.  Penginapan yang sangat mudah Anda temukan dengan harga yang bervareasi. Selain itu penginapan-penginapan tersebut berada di atas bukit sehingga Anda bisa langsung melihat pemandangan pantai. 

2. Banyak toko-toko souvenir khas Yogyakarta khusunya Bantul juga terdapat disana, sehingga ketika Anda ingin mencari oleh-oleh khas Yogyakarta Anda bisa mendapatkannya di sini.

3.  Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan cara Anda bisa menyewa dokar, motor ATV, berkuda, dan juga paralayang. 

4.  Menikmati indahnya sunset di atas bukit yang mengelilingi pantai ini. 

Di atas merupakan hal-hal menarik terkait pantai Parangtritis yang harus Anda ketahui. Jika Anda berada di kota Yogyakarta maka wajib hukumnya untuk mengunjungi pantai yang satu ini.

Popular posts from this blog

Inilah Potensi Sumber Daya Alam Jogyakarta Yang Harus Digali

Pada dasarnya banyak sekali yang bisa digali dari Sumber Daya Alam Jogja. Karakteristik Yogyakarta yang terdiri dari pegunungan dan juga lautan membuat daerah yang satu ini sangat potensial untuk dikembangkan sumber daya alamnya. Dengan karakteristik kondisi alamnya yang seperti itu membuat Yogyakarta potensi sumber daya alamnya sangatlah bervariasi.

Potensi Sumber Daya Alam Bali Yang Harus Dikembangkan

Ada banyak sumber daya alam Bali yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan. Pulau Bali merupakan salah satu pulau dengan kondisi alam yang masih sangat terjaga di Indonesia. Maka dari itu banyak sekali yang masih bisa dikembangkan untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan masyarakat maupun negara. Selain sektor pariwisata yang merupakan sektor paling favorit yang ada di Bali sebenarnya masih banyak sektor lainnya yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan.

Inilah Alasan kenapa Gudeg Yogyakarta Sangat Terkenal

Gudeg merupakan makanan khas kota Yogyakarta yang sudah sangat popular di Indonesia. Tidak sampai disitu saja, kepopuleran makanan yang satu ini bahkan sudah sampai ke manca Negara. Lantas yang menjadi pertanyaannya adalah apa yang menyebabkan makanan khas kota Yogyakarta ini menjadi sangat terkenal bahkan sampai ke manca Negara?