Skip to main content

Inilah Alasan kenapa Gudeg Yogyakarta Sangat Terkenal

Inilah Alasan kenapa Gudeg Yogyakarta Sangat Terkenal

Gudeg merupakan makanan khas kota Yogyakarta yang sudah sangat popular di Indonesia. Tidak sampai disitu saja, kepopuleran makanan yang satu ini bahkan sudah sampai ke manca Negara. Lantas yang menjadi pertanyaannya adalah apa yang menyebabkan makanan khas kota Yogyakarta ini menjadi sangat terkenal bahkan sampai ke manca Negara? 


Bepergian ke Yogyakarta tanpa mencicipi makanan khas yang satu ini bisa dibilang ada yang kurang. Bahan dasar dari makanan khas yang satu ini terbuat dari nangka muda. Kemudian dicampur dengan gula merah dan bumbu khusus yang dimasak sampai memakan waktu berjam-jam. 

Dikarenakan lamanya waktu dalam memasak makanan yang satu ini maka membuat tekstur dari nangka muda tadi juga sangat empuk namun tetap gurih. Maka dari itu akan sangat disayangkan kalau ketika Anda berkunjung ke kota Yogyakarta namun tidak mencicipi makanan yang satu ini. 

Dikarenakan ada campuran dari gula merah maka rasa gudeg tersebut menjadi agak manis. Namun Anda tidak usah khawatir, biasanya untuk menetralisir rasa manis tersebut para penikmatnya memakanya bersamaan dengan nasi dan beberapa lauk pelengkapnya. Sehingga rasa menis akibat campuran dari gula merah tadi akan ternetralisir dengan memakannya bersama lauk sesuai selera Anda. 

Adapun Lauk yang selalu mendampingi salah satu makanan khas Yogyakarta ini adalah arah (santan yang sangat kental) dan juga ada sambel kreceknya. Adapun biasanya juga ada lauk tambahannya seperti tahu, tempe, telur, dan juga ayam. Anda tinggal memilihnya tergantung selera Anda mau memilih lauk apa. 

Macam-macam Gudeg

Di Yogyakarta dikenal ada 2 macam jenis gudeg, yaitu:

1.    Jenis Kering

Yang jenis kering ini disajikan menggunakan areh yang sangat kental dan sambel krecek namun  dimasak kering. Keunggulan dari yang jenis kering ini bisa tahan sampai beberapa hari. Makanya banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Yogyakarta. 

2.    Jenis Basah

Adapun yang jenis basah ini cara penyajiannya menggunkan areh yang encer dan sambel kreceknya juga basah. Maka dari itu yang jenis kedua ini langsung dinikmati di tempat, jadi tidak bisa dibuat sebagai oleh-oleh. Yang jenis basah ini sangat cocok untuk dibuat sarapan. 

Cara Membuat Gudeg Yogyakarta

Ketika Anda ingin membuat Gudeg khas Yogyakarta, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus telur kemudian memarut kelapa untuk Anda jadikan santan.

Langkah kedua adalah pilih nagka muda yang bagus kemudian kupas kulitnya lalu bersihkan dengan air setelah itu potong kecil-kecil sesuai selera Anda.

Langkah ketiga adalah rebus nagka muda tersebut bersamaan dengan daun jati agar supaya tercipta warna merah. 

Langkah ke empat adalah haluskan bumbu sampai sangat halus. Kemudian masukkan ke dalam panci yang Anda buat merebus nangka muda tadi. Jangan lupa tambahkan salam dan laos secara utuh tanpa dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian tunggu sampai santannya habis.

Langkah yang terakhir adalah masukkan  ayam dan telur. Tambahkan kembali santan yang kental dan tunggu sampai santan tersebut habis. Setelah habis maka siap untuk disajikan.

Baca juga : Inilah Alasan Kenapa Ayam Betutu Bali Sangat Dicari

Dikarenakan rasa khas makanan yang satu ini  yang terbilang unik karena dibuat dengan resep khas Yogyakarta menjadikan makanan yang satu ini sangatlah terkenal kelezatannya. Bahkan sudah bisa menembus pasar luar negeri. Maka sangat wajar pula kalau kota Yogyakarta juga dikenal dengan nama kota Gudeg. 

Dari beberapa jenis Gudeg yang bisa kita santap langsung ditempat ataupun untuk oleh oleh mungkin ada beberapa rekomendasi tanpa menghiraukan kualitas yang lain, semua tergantung selera dan daya beli. Dari sekian banyak industri tersebut dikalangan Yogyakarta ada yang sangat terkenal yaitu Gudeg bu Amad dan Gudeg Yu Jum.

Popular posts from this blog

Inilah Potensi Sumber Daya Alam Jogyakarta Yang Harus Digali

Pada dasarnya banyak sekali yang bisa digali dari Sumber Daya Alam Jogja. Karakteristik Yogyakarta yang terdiri dari pegunungan dan juga lautan membuat daerah yang satu ini sangat potensial untuk dikembangkan sumber daya alamnya. Dengan karakteristik kondisi alamnya yang seperti itu membuat Yogyakarta potensi sumber daya alamnya sangatlah bervariasi.

Potensi Sumber Daya Alam Bali Yang Harus Dikembangkan

Ada banyak sumber daya alam Bali yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan. Pulau Bali merupakan salah satu pulau dengan kondisi alam yang masih sangat terjaga di Indonesia. Maka dari itu banyak sekali yang masih bisa dikembangkan untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan masyarakat maupun negara. Selain sektor pariwisata yang merupakan sektor paling favorit yang ada di Bali sebenarnya masih banyak sektor lainnya yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan.