Skip to main content

Inilah Alasan Kenapa Tari Kecak Sangat Terkenal

Inilah Alasan Kenapa Tari Kecak Sangat Terkenal

Siapa yang tidak kenal dengan tari kecak. Tarian yang merupakan tarian khas Bali ini merupakan salah satu tarian yang sangat terkenal di Bali. Bahkan beberapa tahun lalu para penari kecak di Bali pernah memecahkan rekor dunia dengan cara tarian kecak yang dilakukan sekitar lima ribu orang. Tarian ini juga dikenal dengan tari cak atau tarian api.


Tarian jenis ini merupakan sebuah tarian tarian yang dipentaskan secara massal atau hiburan yang cenderung sebagai sendratari. Sendratari merupakan kolaborasi antara drama 

dan tari. Lakon yang dimainkan dalam tari ini adalah bercerita tentang lakon pewayangan seperti Rama dan Sita. Tarian ini bukan jenis tarian yang khusus digunakan sebagai ritual dalam agama Hindu. 

Asal Mula Tarian Ini

Tari kecak pada mulanya diciptakan oleh Wayan Limbak dan juga Walter Spies yang merupakan seorang pelukis berkebangsaan Jerman sekitar tahun 1930. Inspirasi dari tarian ini diambil dari ritual sanghyangan yang merupakan tradisi tarian yang para penarinya berada pada kondisi tidak sadarkan diri. Dikarenakan para penarinya sedang melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhurnya yang menyampaikan harapan-harapan terhadap masyarakat.

Tarian yang satu ini sangat berbeda dengan jenis-jenis tarian yang ada di Bali. Dikarenakan sangat berbeda karena ketika pementasan tarian ini tidak menggunakan alat musik apapun. Namun alunan nadanya tercipta lewat alunan suara dari para penarinya tersebut serta suara krincingan yang terikat pada kaki-kaki para penari. 

Baca juga :

Eksotisnya Obyek Wisata Tanah Lot
Inilah Alasan Kenapa Ayam Betutu Bali Sangat Dicari
Inilah Makna Dan Tujuan Upacara Ngaben Di Bali

Bagaimana Perkembangannya? 

Dari awal mula diciptakannya tari kecak ini selalu mengalami perubahan dari masa ke masa. Perubahan dan perkembangan itu bisa dilihat dari segi alur cerita dari pementasannya. Kalau pada awal mulanya alur ceritanya hanya terpaku dengan cerita Ramayana, namun untuk saat ini sudah menceritakan cerita di luar Ramayana tadi. 

Adapun perbedaan dari segi pementasannya adalah kalau dulu tarian ini hanya ditemui pada satu tempat yaitu di desa Bona Gianyar, tetapi kalau saat ini tarian jenis ini bisa ditemukan dibeberapa tempat yang ada di Bali. Bahkan saat ini di Bali sudah terdapat puluhan grup tarian jenis ini.

Dari jumlah penarinya juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada tahun 1979 pernah diselenggarakan pementasan tarian ini dengan melibatkan sampai 500 orang, namun pada tahun 2006 tepatnya pada tanggal 26 september Bali berhasil memecahkan rekor dunia dengan melaksanakan pementasan tari kecak dengan jumlah penari sampai 5000 orang. Pementasan ini diadakan di Tanah Lot Tabanan Bali.

Popular posts from this blog

Inilah Potensi Sumber Daya Alam Jogyakarta Yang Harus Digali

Pada dasarnya banyak sekali yang bisa digali dari Sumber Daya Alam Jogja. Karakteristik Yogyakarta yang terdiri dari pegunungan dan juga lautan membuat daerah yang satu ini sangat potensial untuk dikembangkan sumber daya alamnya. Dengan karakteristik kondisi alamnya yang seperti itu membuat Yogyakarta potensi sumber daya alamnya sangatlah bervariasi.

Potensi Sumber Daya Alam Bali Yang Harus Dikembangkan

Ada banyak sumber daya alam Bali yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan. Pulau Bali merupakan salah satu pulau dengan kondisi alam yang masih sangat terjaga di Indonesia. Maka dari itu banyak sekali yang masih bisa dikembangkan untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan masyarakat maupun negara. Selain sektor pariwisata yang merupakan sektor paling favorit yang ada di Bali sebenarnya masih banyak sektor lainnya yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan.

Inilah Alasan kenapa Gudeg Yogyakarta Sangat Terkenal

Gudeg merupakan makanan khas kota Yogyakarta yang sudah sangat popular di Indonesia. Tidak sampai disitu saja, kepopuleran makanan yang satu ini bahkan sudah sampai ke manca Negara. Lantas yang menjadi pertanyaannya adalah apa yang menyebabkan makanan khas kota Yogyakarta ini menjadi sangat terkenal bahkan sampai ke manca Negara?