Skip to main content

Menariknya Perayaan Sekaten Di Yogyakarta

Menariknya Perayaan Sekaten Di Yogyakarta


Sekaten merupakan salah satu tradisi di Yogyakarta yang sangat terkenal. Asal mula dari tardisi ini berkembang dari berbagai versi. Ada yang mengatakan kalau nama dari istilah ini diambil berdasarkan dari nama pusaka kraton Yogyakarta. Pusaka itu berupa sebuah gamelang yang bernama Kanjeng Kyai Sekati. Gamelan tersebut biasanya digunakan pada acara untuk memperingati maulid
nabi Muhammad SAW. 

Adapun versi lain megatakan kalau nama itu diambil dari kata suka yang memiliki makna senang dan hati yang berhati-hati. Kalau digabungkan berarti memiliki makna senang hati. Hal ini terjadi dikarenakan banyak yang senang sekaligus bersyukur karena menyambut bulan kelahirannya nabi Muhammad SAW. 


Tradisi sekaten ini dipercaya sebagai perpaduan antara dakwah dan seni. Hal ini sangatlah beralasan, karena dahulu kala ada salah satu  Wali Songo yang metode dakwahnya dengan mengkolaborasikan antara dakwah dan seni. Sebut saja nama beliau Sunan Kalijaga. Metode dakwah sunan Kalijaga salah satunya adalah dengan cara kesenian yaitu dengan menggunakan berbagai alat musik tradisional Jawa. Hal ini dimaksudkan untuk menartik minat masyarakat Jawa kala itu untuk mesuk Islam. Pertunjukan tersebut tidak hanya menampilkan pertunjukan gamelan saja, namun juga diselingi dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an sekaligus ceramah di tengah-tengah pertunjukan teersebut. 


Beberapa Persiapan Sebelum Acara


Sebelum acara dimulai ada dua hal yang dipersiapkan. Kedua persiapan tersebut adalah persiapan fisik dan juga persiapan batin. Persiapan fisik sendiri meliputi mempersiapkan alat-alat dan semua perlengkapan yang akan digunakan untuk acara sekaten yaitu Gending Sekati, Gamelan Sekati, bunga Kunthil, beberapa uang logam, samir niaga, busana-busanan seragam dan riwayat maulid. 


Adapun persiapan batinnya adalah abdi dalem yang terlibat dalam perayaan ini menyiapkan mental dan juga batinnya dalam menjalankan amanat ini. Dengan cara mensucikan diri dengan melakukan jamas dan juga melakukan puasa. 


Waktu Pelaksanaan


Waktu pelaksanaan perayaan ini dimuali pada tanggal 6 Maulud. Sekaligus ditandai dengan diboyongnya gamelan Kyai Kanjeng Sekati dari tempatnya. Kyai Kanjeng Nogowilongo dipindahkan ke Bangsal Trajumas dan Kyai Kanjeng Guntur Madu dipindahkan ke Bangsal Srimanganti. Pada tanggal 11 Maulud Sri Sultan Hamengkubuono datang ke masjid agung guna mengikuti perayaan maulid nabi Muhammada SAW. Setelah selesai upacara maka semua gamelan-gamelan itu dikembalikan ke tempat semula dan sekaligus menjadi akhir dari perayaan sekaten. 


Baca juga :


Hal Yang Menarik Dari Pantai Parangtritis

Inilah Alasan kenapa Gudeg Yogyakarta Sangat Terkenal

Tempat pelaksanaan


Perayaan ini diadakan selama sebulan penuh dan berlokasi di alun-alun utara kota Yogyakarta. Adapun puncak acaranya ditandai dengan diaraknya grebek mauludan pada tanggal 12 maulud kemdian grebeg tersebut diperebutkan oleh rakyat banyak. 


Yang Khas dari perayaan ini


1.   Jipang Aneka Warna


Makanan yang berbahan dasar beras dan dibentuk seperti brondong dan juga diberi pewarna ini menjadi salah satu jajanan khas pada saat perayaan ini. Menariknya lagi jipang ini dibentuk menyerupai sepeda motor, pesawat dan lain sebagainya. 


2.   Sate Gajih


Selain jipang sate gajih juga salah satu makanan yang sering dijumpai pada saat acara ini. Dikarenakan harganya hanya 2000 rupiah maka jajanan yang satu ini banyak dicari oleh konsumen. 


3.   Telur Merah


Telur merah juga sering dijumpai pada saat acara ini. Bisa dikatakan makanan yang satu ini menjadi ikon dari pelaksanaan acara ini. Banyak yang menafsirkan kalau telur merah melambangkan kelahiran nabi Muhammad SAW.


Itulah beberapa hal terkait masalah perayaan sekaten yang ada di Yogyakarta. Selain merupakan salah satu pesta rakyat Yogyakarta tradisi yang satu ini memiliki makna filosofi yang amat mendalam.

Popular posts from this blog

Inilah Potensi Sumber Daya Alam Jogyakarta Yang Harus Digali

Pada dasarnya banyak sekali yang bisa digali dari Sumber Daya Alam Jogja. Karakteristik Yogyakarta yang terdiri dari pegunungan dan juga lautan membuat daerah yang satu ini sangat potensial untuk dikembangkan sumber daya alamnya. Dengan karakteristik kondisi alamnya yang seperti itu membuat Yogyakarta potensi sumber daya alamnya sangatlah bervariasi.

Potensi Sumber Daya Alam Bali Yang Harus Dikembangkan

Ada banyak sumber daya alam Bali yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan. Pulau Bali merupakan salah satu pulau dengan kondisi alam yang masih sangat terjaga di Indonesia. Maka dari itu banyak sekali yang masih bisa dikembangkan untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan masyarakat maupun negara. Selain sektor pariwisata yang merupakan sektor paling favorit yang ada di Bali sebenarnya masih banyak sektor lainnya yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan.

Inilah Alasan kenapa Gudeg Yogyakarta Sangat Terkenal

Gudeg merupakan makanan khas kota Yogyakarta yang sudah sangat popular di Indonesia. Tidak sampai disitu saja, kepopuleran makanan yang satu ini bahkan sudah sampai ke manca Negara. Lantas yang menjadi pertanyaannya adalah apa yang menyebabkan makanan khas kota Yogyakarta ini menjadi sangat terkenal bahkan sampai ke manca Negara?