Skip to main content

Potensi Sumber Daya Alam Bali Yang Harus Dikembangkan

Potensi Sumber Daya Alam Bali Yang Harus Dikembangkan
Ada banyak sumber daya alam Bali yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan. Pulau Bali merupakan salah satu pulau dengan kondisi alam yang masih sangat terjaga di Indonesia. Maka dari itu banyak sekali yang masih bisa dikembangkan untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan masyarakat maupun negara. Selain sektor pariwisata yang merupakan sektor paling favorit yang ada di Bali sebenarnya masih banyak sektor lainnya yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan.

Potensi sumber daya alam yang bisa dimaksimalkan kembali salah satunya adalah sektor pertanian. Luas persawahan di Bali mencapai 81.210 hektar. Adapun area persawahan terluas terletak di daerah Kabupaten Tabanan yang mencapai kurang lebih 22.490 hektar. Maka tidak mengherankan kalau daerah Tabanan mendapatkan julukan lumbung berasnya Bali.

Peringkat kedua diduduki oleh wilayah Gianyar yang memiliki luas lahan persawahan 14.856 hektar. Adapun Denpasar menduduki peringkat terakhir dengan memiliki luas lahan hanya 2.768 hektar.

Potensi sumber daya alam Bali lainnya yang perlu dikembangkan lagi adalah pada sektor kehutanan. Bali sendiri meiliki luas hutan kurang lebih 130.686,01 hektar. Dengan perincian kawasan hutan lindung seluas 95.766.66 hektar, hutan konservasi memiiki luas kira-kira 26.293.59 hektar. Kemudain hutan wisata seluas 19.002,98 hektar, taman hutan raya 1.373,50 hektar, hutan produksi memiliki luas kurang lebih 1.907,10 hektar, dan selanjutnya adalah hutan produksi terbatas 6.719,26 hektar, dan yang terakhir adalah hutan bakau yang memiliki luas kira-kira 3.013 hektar.

Baca Juga :

Eksotisnya Obyek Wisata Tanah Lot
Inilah Alasan Kenapa Ayam Betutu Bali Sangat Dicari
Alasan kenapa Harus Memaksimalkan Potensi Sumber Daya Alam

Memaksimalakan segala potensi sumber daya alam merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena selain sebagai salah satu pemasukan daerah maupun masyarakat, memaksimalkan sumber daya alam juga dimaksudkan untuk menjaga ekosistem alam supaya keseimbangannya tetap terjaga.

Potensi-potensi Sumber Daya Alam Yang Harus Dimaksimalkan

Salah satu sumber daya alam Bali yang perlu dimaksimalkan kembali adalah pada sektor pariwisata. Sudah sewajarnya hal ini untuk dilakukan, karena sektor inilah yang merupakan sektor yang bisa dibilang paling sentral yang ada di Bali. Pesona alamnya yang sangat mengagumkan, baik alam pegunungan maupun pesisirnya membuat Bali setiap harinya banyak sekali para pengunjung yang datang ke Bali untuk melakukan liburan.

Selanjutnya adalah pertanian, perkebunan, dan juga perikanan.  Luas persawahan Bali yang mencapai kurang lebih 81.210 hektar merupakan potensi besar yang harus terus dimaksimalkan. Dengan bisa mencukupi ketersediaan pangan sendiri maka hal itu akan sangat membantu terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat Bali.

Baca juga :

Inilah Alasan Kenapa Tari Kecak Sangat Terkenal
Inilah Makna Dan Tujuan Upacara Ngaben Di Bali

Sektor kehutanan merupakan sumber daya alam Bali juga sangat penting untuk terus dijaga dan juga dimaksimalkan. Anda pasti sangat menyadari kalau sekarang diberbagai wilayah yang ada di Indonesia luas hutan sudah mulai terkikis, padahal hutan selain bisa menghasilkan pemasukan juga bisa menjga ekosistem untuk keseimbangan alam.

Dan yang terakhir adalah sektor pertambangan. Jenis pertambangan yang ada di Bali meliputi batu kapur, batu tabas, batu andesit, batu permata, batu padas, batu apung, dan batu lahar.

Beberapa sumber daya alam di atas merupakan sumber daya alam di Bali yang harus terus untuk dimaksimalkan potensinya. Namun hal yang terpenting dari semua itu adalah tetap menjadi keseimbangan alam supaya alam tetap terjaga keseimbangannya. Selain itu juga jangan terlalu mengekploitasi sumber daya alam Bali. Karena hal tersebut bisa menjadiikan bencana di masa depan nantinya.

Popular posts from this blog

Inilah Potensi Sumber Daya Alam Jogyakarta Yang Harus Digali

Pada dasarnya banyak sekali yang bisa digali dari Sumber Daya Alam Jogja. Karakteristik Yogyakarta yang terdiri dari pegunungan dan juga lautan membuat daerah yang satu ini sangat potensial untuk dikembangkan sumber daya alamnya. Dengan karakteristik kondisi alamnya yang seperti itu membuat Yogyakarta potensi sumber daya alamnya sangatlah bervariasi.

Inilah Alasan kenapa Gudeg Yogyakarta Sangat Terkenal

Gudeg merupakan makanan khas kota Yogyakarta yang sudah sangat popular di Indonesia. Tidak sampai disitu saja, kepopuleran makanan yang satu ini bahkan sudah sampai ke manca Negara. Lantas yang menjadi pertanyaannya adalah apa yang menyebabkan makanan khas kota Yogyakarta ini menjadi sangat terkenal bahkan sampai ke manca Negara?